Minggu, 27 Januari 2013

Berjualan Mudah Di Internet




Dunia bisnis telah berkembang pesat. Aktivitas perdagangan tidak lagi berjalan secara konvensional melalui media pasar, toko, supermarket, atau mal. Transaksi pun tidak lagi berlangsung secara face to face (pertemuan langsung antara penjual dan pembeli) dengan metode pembayaran menggunakan uang. Karena proses pembayaran kini bisa menggunakan kartu kredit, ATM, atau rekening virtual (maya). Dunia bisnis telah menghadirkan wajah baru, yakni internet. Dengan media internet, kini masyarakat bisa menjalankan kegiatan perdagangan secara lebih mudah, praktis, ekonomis, fleksibel, dan menjangkau pasar lebih luas.

Pengguna internet yang terus bertambah (mencapai ratusan juta orang, bahkan mungkin lebih dari separuh penduduk bumi) merupakan pangsa pasar potensial untuk pengembangan bisnis. Banyak kalangan, khususnya para pengusaha berskala makro maupun mikro, mulai melirik internet sebagai media perdagangan yang cukup efektif. Dengan segala kelebihan dan kecanggihan teknologi yang menyertainya, media internet memberi peluang dan kesempatan besar bagi pertumbuhan ekonomi secara signifikan. Pengguna internet yang tak terbatas, dari segala kalangan umur dan segala strata sosial, merupakan pasar potensial untuk promosi bisnis dan perdagangan.

Belum Tergarap Maksimal

Sayangnya, pangsa pasar yang besar dan prospek marketing yang hebat ini belum sepenuhnya tergarap secara maksimal. Masih banyak yang ragu dan belum percaya akan kelebihan berdagang di internet. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor yang melatarinya. Diantaranya faktor sosio-kultural, kebiasaan, kegagapan teknologi, dan belum memasyarakatnya transaksi perdagangan melalui dunia maya. Selain itu masih ada sebagian masyarakat menganggap internet adalah sarang kejahatan berupa penipuan, pemerasan, dan bentuk-bentuk cyber crime lainnya. Tapi pandangan itu tidak seratus persen benar.

Keengganan masyarakat untuk memulai bisnis melalui media internet lebih karena media ini masih merupakan sesuatu yang baru. Masih kurangnya pemahaman dan pengetahuan terhadap liku-liku dunia internet juga menjadi kendala. Sementara di sisi lain regulasi terhadap penggunaan, pemanfaatan, dan pelayanan media internet masih simpang siur. Meskipun telah hadir UU ITE yang menjadi payung hukum bagi pengaturan segala bentuk informasi dan transaksi elektronik di internet (khususnya di Indonesia), namun hal itu masih diiringi dengan polemik yang debatable. Semua masih dalam proses penyesuaian dan pemantapan. 


Tapi penulis yakin, seiring berjalannya waktu orang akan lebih familiar terhadap internet. Di Indonesia saja sekarang hampir separo warganya telah menggunakan internet. Paradigma perdagangan secara konvensional akan beralih dengan cara modern, yakni melalui internet. Membuka lapak usaha/toko bisa dilakukan di internet, begitu pun dengan berbelanja. Karena banyak kelebihan yang bisa didapatkan dengan membuka toko online dan berbelanja. Selain karena lebih praktis, fleksibel, dan ekonomis, juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu. Dengan sistem transaksi yang simpel (tinggal klik), bayar melalui transfer bank (rekening paypal), dan sistem delivery order menggunakan jasa kurir, semua akan terasa lebih simpel dan mudah!


Memang ada sedikit kelemahan, yakni barang yang diterima tidak sama persis dengan yang ditayangkan atau kondisinya sudah berubah. Juga proses terima barang yang sedikit memakan waktu atau ada kendala di jalan. Namun saya yakin, beberapa kelemahan itu akan bisa diminimalisir seiring kematangan dalam berbisnis internet yang sehat. Penjual tentu tak ingin tokonya bangkrut dan kehilangan kepercayaan dari pelanggan, jadi mereka akan bersikap profesional dan tidak akan mengecewakan pelanggan. Begitupun dengan jasa kurir (delivery order). Seleksi alam yang nanti menentukan; siapa yang tidak profesional dan akuntabel akan mati dengan sendirinya.

Keunggulan Berjualan Di Internet

Internet telah membuka ruang yang luas bagi usaha pengembangan bisnis. Beragam jenis usaha bermunculan di internet, mulai toko online, shop online, jasa publishing, dan lain sebagainya. Namun dalam kesempatan ini penulis hanya ingin mereview tentang toko online. Sebagai media berjualan, toko online mulai bisa diterima oleh masyarakat. Bermacam jenis barang dari perkakas rumah tangga, alat kecantikan, peralatan olah raga, fashion, buku, barang elektronik, sampai barang koleksi tersedia di toko online. Website penyedia jasa layanan jual beli online pun marak bermunculan bak jamur di musim hujan.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki toko online dibanding toko biasa. Dari segi investasi usaha, toko online lebih murah biayanya. Untuk membuat website tempat berjualan cukup membeli layanan domain plus hosting (ada pula yang gratis). Kapasitas yang disediakan dan harga yang dikenakan bervariasi, dari yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah (tergantung kebutuhan). Bandingkan dengan pembuatan toko biasa yang harus menyewa tempat, biaya perijinan, dan biaya lain-lain yang tidak sedikit nilainya. Bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk penyediaan tempat usaha.

Sementara dari segi ruang pamer dan koleksivitas barang jualan, toko online mampu mendisplay barang dalam jumlah banyak (bisa ribuan jenis barang), sementara toko biasa karena keterbatasan ruang pamer, hanya bisa memajang beberapa jenis barang saja. Toko online juga memudahkan pengunjung memilih sendiri barang yang diinginkannya tanpa perlu membuang banyak waktu dan tenaga. Informasi tentang spesifikasi dan harga barang sudah tertera sehingga memberi keyakinan para pembeli. Customer juga merasa lebih nyaman dan dimudahkan dalam berbelanja tanpa perlu membuang waktu, tenaga, dan ongkos transport. Pendeknya, toko online lebih efisien, praktis, dan fleksibel.

Bagi para merchant sendiri membuka toko online memberikan ruang kebebasan dalam mengatur dan mengelola usahanya. Dia tidak dipusingkan lagi dengan urusan memilih lokasi, menyewa tempat, menggaji karyawan, dan tetek bengek lainnya yang berhubungan dengan pembukaan toko. Cukup dengan menggunakan jasa penyedia website, ia bisa membuka lapak/toko secara mandiri. Pangsa pasar internet yang luas juga memudahkan merchant untuk berpromosi dan melakukan strategi marketing sesuai keinginan. Namun demikian, sukses dan tidaknya berjualan melalui toko online tergantung dari kreatifitas dan agresifitas masing-masing merchant.

Jejualan.com Menjadi Pilihan Terbaik

Sebenarnya membuka toko online dilakukan lebih sebagai upaya pelebaran sayap usaha dan membidik pangsa pasar global. Beberapa merchant yang membuka toko online pada dasarnya sudah memiliki toko/tempat usaha secara konvensional. Mereka berniat membuka cabang atau mengembangkan usaha namun terkendala oleh permodalan. Sebab, biaya investasi membuka toko baru sangat besar. Maka, pemilihan membuka toko online menjadi sangat rasional mengingat biaya investasinya yang relatif kecil dan pangsa pasar yang sangat luas. 

 
Selain itu pemilihan toko online sebagai media promosi dan berjualan sangat cocok untuk para pengusaha produsen barang, baik yang berskala pabrikan atau home industry. Tanpa menghabiskan banyak biaya untuk pembangunan ruang pamer dan promosi, mereka bisa memanfaatkan toko online untuk memperkenalkan sekaligus menjual produknya. Toko online merupakan pilihan paling bijaksana, rasional, efektif, sekaligus efisien dalam berjualan. Salah satu kendala yang mungkin dihadapi oleh merchant dalam membuka toko online adalah mendesain websitenya.

Namun kendala semacam itu kini bisa diatasi dengan hadirnya situs Jejualan.com. Situs yang menawarkan software toko online ini memberi solusi praktis bagi mereka yang ingin membuka toko online, bahkan bagi mereka yang masih awam dalam dunia internet. Karena Jejualan.com sudah menyediakan template website dan fitur ecommerce terlengkap di Indonesia. Kita tak perlu membayar biaya domain dan hosting, karena Jejualan.com sudah menyediakan semuanya dan berlaku seumur hidup. Kita juga bisa menggunakan domain toko dengan nama sendiri. Hanya dalam 20 detik, langsung mulai penjualan online ke seluruh dunia.


Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki jejualan.com :
1. SMS Report
SMS otomatis terkirim ke nomor ponselmu dan ponsel pelanggan tokomu setiap ada transaksi.
2. Layanan 24 Jam
Customer support jejualan siap melayani apapun kebutuhanmu
3. Halaman Pertama Google
Toko onlinemu akan berada di halaman pertama hasil pencarian google dengan teknologi SEO jejualan.
4. Marketing Tools
Toko onlinemu akan lebih sukses dipromosikan dengan marketing tools, seperti kirim newsletter gratis, kampanye promo, kode kupon diskon, dan masih banyak lagi.
5. Konsultasi Langsung dengan Pakar Ecommerce
Pakar Ecommerce akan menganalisa dan memberikan masukan untuk memastikan strategi penjualan di tokomu berhasil.
6. Terima Pembayaran dari manapun.
Tokomu bisa menerima pembayaran melalui transfer bank, Paypal & kartu kredit
7. Ongkos Kirim Otomatis
Semua data ongkos kirim dari JNE dan Pos Indonesia akan otomatis tersedia di tokomu.
8. Ratusan Fitur Ecommerce
Daftar sekarang dan dapatkan ratusan fitur ecommerce tercanggih lainnya. Lihat selengkapnya di sini.

Tersedia dua paket untuk berlangganan, yakni paket Gold yang berlaku minimal 6 bulan dengan biaya Rp. 60 ribu/per bulan dan paket Platinum yang berlaku minimal 3 bulan dengan biaya Rp. 200 ribu/per bulan. Tidak ada biaya set up yang perlu dibayar untuk berlangganan jejualan. Kita bahkan diberi kesempatan free trial selama 30 hari. Pendeknya, jejualan memberi solusi paling rasional dan bijaksana dalam membuka toko online. Jejualan.com merupakan pilihan terbaik dan tepat untuk kita yang ingin berjualan di internet.

Program Affiliate

Satu lagi program yang dibuka oleh jejualan.com yakni program affiliate. Program ini memberikan kesempatan buat siapa saja menjadi peserta afiliasi dan mendapatkan penghasilan. Caranya pun sangat mudah banget. Tinggal mendaftar sebagai affiliate jejualan. Pendaftaran gratis tanpa dipungut biaya. Lalu, kita tinggal mempromosikan jejualan dengan memasang banner atau iklan teks di website/blog. Sebarkan link url affiliate ke orang lain. Bisa melalui facebook, twitter, dan jejaring sosial lainnya. Kita akan mendapatkan komisi 30% setiap ada pembelian paket jejualan melalui link affiliate.

Berikut tahapan untuk mengikuti program affiliate :


1. Daftar



2. Promosikan

3. Hasilkan Uang

Jika kita intensif dan gencar melakukan promo dan banyak yang melakukan pembelian, so kita pun akan dapat komisi yang terus bertambah. Dengan asumsi ada 100 member baru yang bergabung dengan jejualan lalu membeli paket gold 60 ribu/per bulan, kita bisa menghitung komisi sebesar Rp. 20.000 x 100 = Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah). Wow, tak terbayangkan kan kita dapat komisi jutaan rupiah hanya dengan cukup menjadi affiliate dan berpromosi. Jejualan memang memberikan pilihan yang tepat dan bernas. Berjualan di internet semudah membalikkan telapak tangan. Jadi, tunggu apalagi? Bergabung segera dengan jejualan. Dijamin puas dan menguntungkan!

1 komentar:

  1. Weleh sip banget ya jejualan .com
    tulisannya juga menarik :-)
    Goodluck..
    silahkan mampir http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/02/pengalaman-pertama-bikin-toko-online-di.html
    terimakasih :-)

    BalasHapus