Selasa, 08 Januari 2013

Bank Mandiri Memandirikan Bangsa



Blog contest yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri dengan tema Apapun Keinginan Anda, Bank Mandiri Saja sangat menarik buat para blogger. Saya yang suka nge-blog tertantang untuk membuat artikel dengan tema di atas. Saya tahu, Bank Mandiri adalah bank terbesar di Indonesia dan memiliki jaringan yang sangat luas, bahkan sampai ke luar negeri. Produk layanan pun bermacam-macam; mulai dari mandiri tabungan, mandiri tabungan rencana, mandiri deposito, mandiri kpr, mandiri kartu kredit, mandiri tabungan tki, mandiri kta, dan banyak lagi. Bahkan Bank Mandiri juga melakukan layanan Internet Banking Mandiri.

Tapi sebelum membahas lebih jauh review tentang Bank Mandiri, saya perlu mengurai makna kata “mandiri” yang tersemat pada Bank Mandiri. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata mandiri mengandung arti; dalam keadaan dapat berdiri sendiri, tidak bergantung pada pertolongan orang lain. Kata mandiri ini biasanya dikaitkan dengan kehidupan suatu makhluk, khususnya manusia. Mandiri atau kemandirian menjadi salah satu tujuan hidup manusia. Sebab, dengan kemandirian seseorang ingin mengukuhkan jati diri, kebebasan, dan kedaulatannya. Dalam skala lebih luas yakni suatu bangsa, kemandirian mutlak diperlukan untuk menunjukkan kemerdekaan dan kedaulatannya sebagai bangsa.

Kemandirian Dalam Terminologi Kehidupan

Dalam kaca mata sosial dan budaya, kemandirian tidak serta merta terjadi pada diri manusia. Seorang anak manusia bisa dikatakan telah mencapai kemandirian bilamana dia telah mampu bekerja dan memenuhi hajat/kebutuhan hidupnya sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Fase kemandirian ini pun berlangsung secara gradual, dimulai dari proses belajar, latihan, pengembangan diri, dan akhirnya kemapanan. Proses ini juga berjalan bertahap mulai dari usia kanak-kanak, remaja, hingga dewasa.

Tingkat kemandirian pun tidak sama pada setiap orang. Ada yang mampu hidup mandiri sejak anak-anak dan remaja, ada pula yang mulai hidup mandiri setelah usia dewasa. Tapi secara umum kemandirian terjadi pada saat usia dewasa atau usia produktif. Karena pada usia itu telah terjadi kematangan secara emosional, kepribadian, dan pola pikir. Pada tingkatan usia dewasa seseorang sudah memiliki pekerjaan secara mapan, mampu mengambil keputusan, dan bebas menentukan pilihan hidup.


Namun dewasa ini, seiring dengan ketatnya persaingan hidup dan tuntutan kebutuhan yang semakin besar, sementara di sisi lain banyak kesulitan menghadang dalam berbagai sektor kehidupan, menjadikan orang susah mencapai kemandirian seperti yang diharapkan. Banyak orang bekerja keras siang malam, tapi kehidupan yang dihadapi tak juga berubah. Mereka masih terkungkung dalam berbagai kesulitan yang sama dari ke hari-hari. Hidup seolah tak berkembang. Dari tahun ke tahun kehidupannya masih sama. Padahal penghasilan yang didapat terbilang besar dan lebih dari cukup. Apa yang sebenarnya terjadi?

Jawabannya sederhana saja; karena kebanyakan kita tak pernah melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik. Tidak memperhitungkan dengan cermat aspek kebutuhan hidup sehari-hari. Tidak membuat skala prioritas atas keinginan yang hendak dicapai. Banyak hal yang sebenarnya bisa kita dapatkan, tetapi kita tak berani mengambil kesempatan di depan mata. Kita terlalu peragu, ambigu, dan bingung menentukan sebuah sikap atau pilihan.

Pada prinsipnya, setiap orang ingin mencapai progress atau kemajuan dalam hidupnya. Mereka ingin apa yang menjadi keinginan dan harapannya bisa segera direngkuh. Keinginan mengembangkan usaha, keinginan memiliki rumah sendiri, kendaraan pribadi, dan keinginan-keinginan lain yang berkaitan dengan kesejahteraan. Tapi seringkali kita mengeluh, bagaimana kita bisa memenuhi semua keinginan itu bila gaji atau penghasilan tidak mampu menjangkaunya? Adakah jalan yang lebih mudah mewujudkan suatu harapan?

Apa pun Keinginan Anda, Bank Mandiri Saja

Terkait dengan harapan, impian, atau keinginan untuk mencapai aspek kesejahteraan hidup, maka diperlukan pihak ketiga dalam membantu mewujudkannya. Pihak ketiga dimaksud tak lain adalah jasa layanan perbankan. Karena dengan fasilitas pinjaman kredit modal usaha, kpr, atau kredit konsumsi lainnya yang ditawarkan oleh bank memudahkan kita mewujudkannya. Namun kita tidak bisa sembarang memilih bank, karena banyak bank yang tidak memiliki kredibilitas dan hanya lips service saja dalam menawarkan produknya. Kita harus bisa memilih bank yang kredibel, akuntabel, aman, dan terpercaya.


Bank Mandiri yang sudah cukup berpengalaman, profesional, dan memiliki kredibilitas tinggi merupakan pilihan tepat. Dengan jargon Apapun Keinginan Anda, Bank Mandiri Saja kita bisa mengcover semua aspek kebutuhan hidup. Bank Mandiri memiliki beragam produk layanan dan memberi kemudahan dalam kegiatan bisnis dan usaha, juga dalam beragam bentuk transaksi keuangan baik melalui kartu kredit maupun internet banking. Bank Mandiri menjadi solusi memecahkan masalah hidup kita yang menyangkut harapan untuk mencapai kemandirian, kebebasan, keleluasaan, dan kemapanan!

Saya yakin, kata “mandiri” yang dijadikan tagline Bank Mandiri merupakan simbol kemandirian sebuah usaha. Bank Mandiri sangat paham bahwa pondasi utama dalam sebuah usaha adalah kemandirian. Karena kemandirian mencerminkan kekuatan, visi-misi yang baik, mapan, dan terpercaya. BankMandiri ingin menunjukkan komitmen dan dedikasinya yang tinggi dalam memajukan kehidupan masyarakat. Sebagai mitra dekat masyarakat, Bank Mandiri telah memberikan kontribusi yang besar dalam ikut membangun perikehidupan bangsa yang lebih maju, modern, dan bermartabat.

Salah satu tujuan yang diemban oleh Bank Mandiri adalah menularkan semangat kemandirian pada masyarakat. BankMandiri ingin memberi kemudahan kepada masyarakat, baik individu maupun lembaga, dalam mengembangkan usaha melalui fasilitas perkreditan dengan suku bunga ringan. Bank Mandiri juga memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam menjalankan transaksi bisnis, perdagangan, tagihan, pembayaran, maupun kegiatan ekonomi lainnya melalui fasilitas Kartu Mandiri yang berfungsi sebagai kartu ATM atau Kartu Debit. Bahkan Bank Mandiri memberikan solusi bagi masyarakat yang ingin bisa segera memiliki rumah hunian maupun ruko dengan fasilitas Mandiri KPR berbunga rendah dan kompetitif, bekerja sama dengan 350 proyek developer di seluruh tanah air melalui beberapa program menarik.

Selain itu ada produk Mandiri KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang memberikan fasilitas pinjaman fleksibel. Dengan syarat ringan dan memiliki beberapa kelebihan diantaranya: Tanpa Agunan, Cicilan Ringan, Limit kredit sampai dengan Rp. 200 juta, jangka waktu kredit disediakan dalam 5 pilihan, plus Perlindungan Asuransi Jiwa. Ketentuannya pun sangat mudah, yakni warga Negara Indonesia (WNI) & berdomisili di Indonesia, umur minimum 21 tahun & maksimum 55 tahun (pada saat kredit lunas), memiliki pekerjaan/penghasilan tetap per bulan minimal: Rp. 2,5 juta (Jabodetabek - Bandung), dan memiliki pekerjaan/penghasilan tetap per bulan minimal: Rp. 2 juta (diluar Jabodetabek - Bandung). Limit kredit yang diajukan maksimal 5 kali gaji (Rp.5 juta s/d. Rp. 200 juta). Biaya-biaya 2-3% dari limit kredit (tergantung tipe produk KTA).

Bukan hanya itu saja, BankMandiri juga memberikan layanan Mandiri Tabungan Rencana dengan ekstra Perlindungan Asuransi. Menabung sekaligus mendapatkan perlindungan asuransi tentu sebuah pilihan yang bijaksana, karena selain kita bisa tetap mendapatkan keuntungan bunga bank dari tabungan juga diberikan jaminan perlindungan asuransi jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada diri kita maupun keluarga. Jika terjadi Ketidakmampuan Total Tetap atau meninggal dunia, maka pihak asuransi yang akan meneruskan setoran rutin bulanan Anda (maksimal Rp 5.000.000 atau USD 500 per bulan untuk setiap penabung).



Sehingga pada akhir jangka waktu yang diinginkan, Anda akan tetap menerima hasil tabungan Anda beserta bunganya, atau Anda dapat memperoleh sisa setoran rutin bulanan di muka setelah memperhitungkan Net Present Value (NPV) dengan tingkat suku bunga diskonto yang berlaku. Jadi, kenapa juga kita harus bingung dan mengeluh dengan kondisi hidup kita yang tidak berubah dari hari ke hari. Ada Bank Mandiri yang bisa mewujudkan impian dan keinginan kita. Apapun Keinginan Anda, Bank Mandiri Saja. Karena Bank Mandiri tidak hanya memandirikan masyarakat, tetapi juga memandirikan bangsa! Tabik, Bank Mandiri!

2 komentar:

  1. tulisnnya bagus sekali
    reveiw juga punya saya http://gayatekno.blogspot.com/2013/01/memilih-bank-menentukan-masa-depan.html

    BalasHapus