Minggu, 11 November 2012

Mobil Sporty Dan Handal Jadi Pilihan




Sebagai alat transportasi modern, mobil kini tak lagi sekadar sebagai alat angkut penumpang dan barang. Mobil juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup, hobi, fashion, bahkan memiliki nilai estetik tersendiri bagi sebagian kalangan. Pilihan terhadap sarana transportasi satu ini pun bukan lagi pada fungsi dan kebutuhan, tapi lebih kepada selera dan teknologi. Orang memilih mobil berdasarkan pada status sosial, gender, profesi, hobi, dan pragmatisme individu. Mereka menjadikan mobil ajang mengaktualisasikan diri.

Maka, segmentasi pilihan terhadap mobil yang dipakai pun beragam. Orang kaya dan berstatus sosial tinggi tentu memilih mobil mewah dengan harga selangit lengkap dengan teknologi mutakhir di dalamnya. Sementara kelas menengah ke bawah memilih mobil disesuaikan dengan kantong. Meski demikian mereka juga tetap mengutamakan kualitas, performa, teknologi, dan desain. Adalagi segmentasi pilihan mobil berdasar hobi, komunitas, atau profesionalitas. Mobil sport disukai mereka yang suka balapan, mobil antik dan mobil dengan kualifikasi tertentu disukai para kolektor atau komunitas, mobil keluarga disukai oleh mereka yang anaknya banyak, mobil berjenis city car yang small and smart disukai eksekutif muda.

Kini bahkan ada kecenderungan memilih mobil dengan memadukan semua unsur kebutuhan. Mereka menginginkan mobil berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) dengan teknologi mutakhir yang tidak hanya bisa digunakan berpetualang, tetapi juga cukup elegan dan excited untuk dibawa ke kantor maupun mengajak anggota keluarga jalan-jalan. Daihatsu sebagai produsen mobil terpercaya sejak puluhan tahun silam menangkap trend pasar konsumen mobil. Mereka kemudian menciptakan mobil Terios 7-Wonders yang tidak hanya handal dalam menempuh perjalanan jauh, mengarungi medan berat dan sulit, tetapi juga memperhatikan segi safety, kenyamanan, desain eksterior dan interior, teknologi mutakhir, serta hemat bahan bakar.

Ini terbukti dari tour perjalanan panjang tim Terios 7-Wonders sepanjang 3.657 km selama 15 hari dari VLC Sunter Jakarta hingga mencapai tugu “Nol” kilometer di Sabang, Aceh tak mengalami kendala berarti. Tak ada satu pun dari mobil Terios 7-Wonders mengalami kerusakan. Perjalanan panjang yang melewati beberapa kota di lintas Sumatera hakekatnya adalah perjalanan wisata dan budaya. Para anggota tim yang mengikuti tour bisa menikmati berbagai pemandangan indah sepanjang perjalanan. Mereka juga mengenal beragam bentuk seni dan budaya daerah di tiap kota yang disinggahi. Hal ini tentu akan semakin menambah pengetahuan dan wawasan mereka. Ternyata Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman seni budaya yang elok. Salah satu kekayaan negeri yang mampu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara, sehingga mampu menambah devisa negara.

Arti Petualang

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, kata petualang berasal dari kata dasar tualang yang artinya; pengembara, tidak tentu tempat tinggalnya, berkeliaran. Sementara kata petualang sendiri berarti orang yang suka mencari pengalaman sulit-sulit atau berbahaya. Maka, bisa dikatakan bahwa petualang merupakan seseorang yang memiliki jiwa pemberani, tangguh, liat, teguh, dan ambisius. Petualang merepresentasikan keinginan untuk menaklukkan tantangan, hambatan, kesulitan, dan aral bahaya. Predikat petualang ini pun kemudian disematkan kepada mereka-mereka yang hobi mendaki gunung, panjat tebing, menjelajah rimba, mengarungi lautan ganas, menyusuri daerah terpencil/pelosok, dan berbagai kegiatan lainnya yang mengandung resiko besar.

Pada zaman dahulu petualangan biasanya dihubungkan dengan usaha untuk menaklukkan suatu wilayah guna dijadikan koloni dan sumber daya ekonomi baru. Para petualang besar seperti Marcopolo, Vasco da Gama, Chistoper Colombus, dan yang lainnya, berambisi menemukan tanah-tanah baru serta sumber kekayaan alam yang berlimpah. Perburuan kekayaan alam yang sangat berharga seperti rempah-rempah, emas, perak, tembaga, dan lain sebagainya menjadi tujuan utama. Tak peduli hal itu kemudian dibarengi dengan usaha genosida, yakni menumpas penduduk setempat. Terlepas dari implikasi buruk dari kegiatan berpetualang oleh kaum imperialis itu, kisah para petualang ini pun mendapatkan tempat istimewa di tengah masyarakat. Pengalaman mereka dalam menaklukkan tantangan dan mara bahaya yang menghadang sangat luar biasa, sehingga menimbulkan kesan heroik.

Di zaman modern sekarang, kisah petualangan tidak lagi identik dengan kegiatan kolonialisme atau perampokan, tetapi lebih kepada olah raga dan hobi. Berpetualang biasanya dilakukan oleh mereka yang bosan atau jenuh dengan kemapanan. Mereka yang merasa suntuk dengan rutinitas kerja dan suasana kehidupan metropolis yang serba formal, kemudian berusaha mencari suasana baru dengan melakukan kegiatan outbound. Pergi ke daerah pedesaan, hutan, gunung, laut, dan tempat-tempat lain yang jauh dari kota. Biar pun harus menghadapi banyak tantangan, hambatan, kesulitan, dan kendala yang cukup beresiko, namun hal itu dihadapi mereka dengan senang hati. Pun kegiatan ini sangat melelahkan dan menguras energi, namun memberi suatu kepuasan. Sebab, tujuan mereka berpetualang tak lain adalah refreshing dan exciting.

Penggemar petualangan pun kini makin banyak dan beragam, tidak hanya dari kalangan tertentu yang hobi berpetualang, tapi juga mereka yang pengen merasakan aroma adventure. Berpetualang menjadi trend baru di kalangan masyarakat perkotaan, khususnya kaum eksekutif muda. Sebab, berpetualang tidak melulu harus berhadapan dengan bahaya. Menjelajahi kota-kota atau daerah sembari menikmati pemandangan alam nan eksotik juga bisa dibilang berpetualang. Sarana mobilitas pun tidak mesti dengan kendaraan jenis offroader seperti jeep dengan chasis yang tinggi, ban karet besar, dan kap yang terbuka. Mobil jenis SUV yang elegan dan cantik pun bisa menjalani fungsi berpetualang. Sebab, mobil jenis ini ditengarai sangat handal, tangguh, sekaligus sangat excited untuk diajak menjelajah.

Konsep Mobil Petualang


Memenuhi harapan para traveller, produsen mobil ternama Daihatsu kemudian meluncurkan mobil Sahabat Petualang berjenis SUV dengan nama Terios 7-Wonders. Konsep mobil sahabat petualang yang dicetuskan oleh Daihatsu dengan ikon-nya Terios 7-Wonders tentu sangat menarik dan disambut hangat oleh konsumen mobil. Sebab, baru kali ini ada produsen mobil kelas dunia mencetuskan ide seperti ini. Mobil yang dimaksud itu tidak semata merupakan sarana transportasi untuk kebutuhan kerja atau harian, tetapi juga memenuhi kebutuhan akan hoby dan gaya hidup. Banyak kalangan, terutama para eksekutif muda, memiliki hobi touring dan berpetualang. Di tengah kesibukan kerja yang menyita tenaga dan waktu mereka berharap bisa melepas penat barang sejenak. Mereka membutuhkan refreshing atau relaksasi. Salah satunya adalah dengan menyalurkan hobi berpetualang.

Seperti yang penulis paparkan di awal, kegiatan touring Terios 7-Wonders menjelajahi wilayah Sumatera dengan start dari Jakarta menuju Sabang telah membuktikan bahwa mobil ini sangat pantas disebut sebagai Mobil Sahabat Petualang. Kinerjanya yang bagus di setiap trek yang dilalui, ketahanan mesin, aerodinamika mobil yang halus, ketangguhannya dalam menempuh medan sesulit apa pun, dan performanya yang elegan tak perlu diragukan lagi. Memang sempat terjadi kecelakaan di  daerah Tarutung. Hal ini disebabkan jalanan sepanjang Mandailing Natal – Tarutung kondisinya tak stabil. Sebagian mulus sebagian lagi rusak parah karena perbaikan jalan yang belum juga selesai. Bekas jembatan yang putus karena banjir bandang sudah diperbaiki.Kerusakan jalan ini membuat perjalanan agak terhambat. Jalanan tanah berbatu lagi-lagi menguji ketangguhan suspensi Terios. Ternyata suspensi Terios masih oke.



Sisi menarik dari kehadiran Terios 7-Wonders, mobil ini bukan sekadar menawarkan kenyamanan dan keamanan berkendara, tetapi juga sebagai penyaluran hobi berpetualang bagi para petualang. Konsep Sahabat Petualang yang dilekatkan pada mobil ini sangat pas karena memenuhi semua kriteria dan kebutuhan yang diinginkan para penghobi bertualang. Ke depan, mungkin perlu dikembangkan lagi konsep Mobil Sahabat Petualang menjadi mobil land cruiser yang lebih hebat dan futuristik dengan menambah elemen-elemen teknologi mutakhir! Bravo, Terios7-Wonders!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar